Aplikasi Interaktif Pembelajaran Anak : Mengenal Huruf Dan Belajar Mengeja

Sumber keilmuan sampai saat ini masih didominasi oleh buku, meskipun
dengan adanya internet kita bisa mendapatkan informasi dengan bidang
keilmuan yang beragam, tetapi sesungguhnya informasi tersebut bersumber
dari materi-materi yang ada pada buku. Untuk dapat menguasai suatu
materi yang ada pada buku, terlebih dahulu kita harus dapat membacanya
dengan benar. Hal ini dimaksudkan agar pemahaman terhadap materi tidak
menyimpang dari definisi ataupun makna yang sesungguhnya.
Pengetahuan (knowledge) merupakan dasar kompetisi dan efektifitas
operasi bisnis dalam setiap perusahaan. Pengetahuan sebagai sumber bisa
hilang dari lingkungan perusahaan dikarenakan beberapa sebab, seperti
kematian, mutasi kerja, bahkan mungkin pindah kerja ke perusahaan lain
yang mungkin menjadi kompetitor. Sehingga pada prinsipnya adalah
kehilangan pengetahuan merupakan kehilangan investasi yang sudah
dilakukan perusahaan, karena pengetahuan diperoleh melalui proses
pembelajaran dan pengalaman yang cukup panjang. Sehingga beberapa
perusahaan telah menjadikan Knowledge Management (KM) sebagai salah satu
strategi untuk mampu bersaing secara global.
Dengan metode pembelajaran sejak dini diharapkan dapat diharapkan dapat
meningkatkan daya saing secara global sehingga menghasilkan Sumber daya
manusia yang unggul.
Dalam upaya meningkatkan generasi yang lebih baik di masa yang akan
datang, dibuat program berupa aplikasi interaktif untuk pembelajaran
anak (khususnya umur 4-5 tahun atau sekolah TK).
Dengan cepatnya perkembangan teknologi informasi, mau tidak mau kita
harus merubah pola pengajaran sehingga informasi yang didapat selalu up
to date. Aplikasi interaktif yang dibuat disesuaikan dengan takaran
pemahaman dan tata usia anak, sehingga anak dapat menyerap pelajaran
yang diberikan dalam mode bermain.
Saat penerapan aplikasi interaktif ini, dinyatakan antusiasme anak-anak
besar sekali, bahkan beberapa anak dengan lincahnya mengoprasikan
aplikasi dengan tanpa kesulitan meskipun kadang beberapa pertanyaan
kecil muncul.
Setelah beberapa kali mencoba aplikasi (biasanya 3-4 kali) anak sudah
dapat mengenali dan hafal akan symbol-simbol huruf yang ada. Dari
implementasi program yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi
interaktif yang dibuat sangat membantu dalam proses belajar mengajar
pada umumnya dan pemahaman tentang huruf dan ejaan pada khususnya.
Aplikasi interaktif yang dibuat berjalan dengan baik pada sistem operasi
windows XP Home Edition. Aplikasi Interaktif ini dibuat dengan bahasa
pemrograman Visual Basic 6.0 dan aplikasi desain Adobe photoshop dan
CorelDraw.
Referensi :
https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2159
https://www.google.com/search?q=APLIKASI+INTERAKTIF+PEMBELAJARAN+ANAK&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwipyt_w_uzYAhWGlZQKHRLgAiwQ_AUICigB&biw=1440&bih=788
Komentar
Posting Komentar